Listrik prabayar adalah jenis layanan terbaru PLN untuk pelanggan dalam mengelola pemakaian listrik melalui meter elektronik prabayar sesuai kebutuhannya. Listrik prabayar pertama kali di ujicobakan di masyarakat kepulauan seribu pada tahun 2007, tepatnya di kampung untung jawa.
Kemudian pada tahun 2008 PLN mengkaji untuk mengimplementasikan listrik prabayar pada pelanggan di daratan , pada tahun 2009 listrik prabayar resmi diberlakukan pada pelanggan listrik di Jakarta & Tanggerang.
Layanan listrik prabayar memiliki banyak kelebihan dan keunggulan diantaranya :
Pelanggan tidak di khawatirkan akan adanya kesalahan pencatatan meter KWH yang selama ini dilakukan petugas.
Pelanggan tidak direpotkan menerima tamu petugas pencatat meter yang datang setiap bulan, privasi pelanggan tidak terganggu,pemakaian listrik sepenuhnya dikendalikan oleh pelanggan dan pelanggan tidak dikhawatirkan akan terjadinya pemutusan.
Kelebihan yang lain adalah pelanggan tidak perlu khawatir listrik akan putus mendadak karena stroom di kwh meter telah habis, pelanggan akan diberitahukan melalui alarm apabila sisa pemakaian sudah mulai menipis, dengan begitu pelanggan akan segera untuk mengisi ulang listrik yang besarnya bervariasi, mulai dari Rp.20.000,- Rp.50.000,- Rp.100.000,-Rp.500.000,- Rp.1.000.000,- yang dapat di beli pada kantor pelayanan PLN, Bank Bukopin, BRI,Mandiri, BPRKS,BNI,OCBC,NISP,Arthagraha.dengan demikian pelanggan bisa menyesuaikan jumlah pemakaian dan yang lebih penting lagi stroom listrik prabayar ini tidak ada masa tenggang waktu sehingga bisa dipakai kapan saja.
sejak diberlakukannya secara resni april 2009 tidak kurang dari 26.951 pelanggan PLN telah dilayani dengan listrik prabayar yang tersebar di wilayah Jakarta & Tanggerang. Saat ini PLN mampu melayani permintaan pemasangan baru listrik prabayar hingga batas daya 5500 VA. Dengan kemudahan & manfaat yang di peroleh pelanggan , PLN mengajak pelanggan untuk menggunakan yang lebih ekonomis.
Demikian ringkasan ini semoga bisa manambah wawasan kita
Kemudian pada tahun 2008 PLN mengkaji untuk mengimplementasikan listrik prabayar pada pelanggan di daratan , pada tahun 2009 listrik prabayar resmi diberlakukan pada pelanggan listrik di Jakarta & Tanggerang.
Layanan listrik prabayar memiliki banyak kelebihan dan keunggulan diantaranya :
Pelanggan tidak di khawatirkan akan adanya kesalahan pencatatan meter KWH yang selama ini dilakukan petugas.
Pelanggan tidak direpotkan menerima tamu petugas pencatat meter yang datang setiap bulan, privasi pelanggan tidak terganggu,pemakaian listrik sepenuhnya dikendalikan oleh pelanggan dan pelanggan tidak dikhawatirkan akan terjadinya pemutusan.
Kelebihan yang lain adalah pelanggan tidak perlu khawatir listrik akan putus mendadak karena stroom di kwh meter telah habis, pelanggan akan diberitahukan melalui alarm apabila sisa pemakaian sudah mulai menipis, dengan begitu pelanggan akan segera untuk mengisi ulang listrik yang besarnya bervariasi, mulai dari Rp.20.000,- Rp.50.000,- Rp.100.000,-Rp.500.000,- Rp.1.000.000,- yang dapat di beli pada kantor pelayanan PLN, Bank Bukopin, BRI,Mandiri, BPRKS,BNI,OCBC,NISP,Arthagraha.dengan demikian pelanggan bisa menyesuaikan jumlah pemakaian dan yang lebih penting lagi stroom listrik prabayar ini tidak ada masa tenggang waktu sehingga bisa dipakai kapan saja.
sejak diberlakukannya secara resni april 2009 tidak kurang dari 26.951 pelanggan PLN telah dilayani dengan listrik prabayar yang tersebar di wilayah Jakarta & Tanggerang. Saat ini PLN mampu melayani permintaan pemasangan baru listrik prabayar hingga batas daya 5500 VA. Dengan kemudahan & manfaat yang di peroleh pelanggan , PLN mengajak pelanggan untuk menggunakan yang lebih ekonomis.
Demikian ringkasan ini semoga bisa manambah wawasan kita