Listrik Prabayar Meter dan Isu terkait dengan pelaksanaan Sistem Metering Prabayar
Metering Prabayar dalam bentuk yang paling sederhana mengacu untuk membayar listrik, gas atau air sebelum digunakan. Konsumen pembelian kredit dan kemudian menggunakan sumber daya sampai kredit berakhir. Konsep metering prabayar tidak baru, yang pertama kali diperkenalkan dalam bentuk gas meter koin dioperasikan di Inggris jauh sebelum Perang Dunia II. Perubahan besar terjadi pada tahun 1980 ketika transfer elektronik atau numerik kredit diperkenalkan.
Sebuah sistem metering prabayar elektronik tradisional beroperasi pada tiga tingkatan. Pertama adalah meter yang terpasang di rumah konsumen. Tingkat berikutnya adalah stasiun penjual, terletak di kantor utilitas atau di agen yang ditunjuk. Komunikasi antara stasiun penjual dan meter dalam bentuk token, yang digunakan untuk top up kredit dalam meter. Token juga transfer atau download informasi ke meter, dan dalam beberapa kasus meng-upload informasi (tergantung pada pilihan token) kembali ke stasiun penjual. Di tingkat atas adalah Master Station Sistem (SMS) atau klien master, yang diperlukan untuk memastikan database umum untuk pelaporan dan untuk menyediakan total manajemen, administrasi, keuangan dan kontrol rekayasa. SMS berkomunikasi dengan berbagai stasiun penjual melalui modem atau data link. Informasi pada konsumen, perubahan tarif dan seterusnya dikomunikasikan ke stasiun penjual dan penjualan pelanggan rinci dikomunikasikan kembali ke SMS.
Ini akan menarik untuk melihat bagaimana prabayar telah dikembangkan selama 70 tahun terakhir dari meteran primitif koin dioperasikan untuk token berbasis sistem dan sistem smart card saat ini dioperasikan.
BIAYA TETAP COLLECTOR - TANGAN-RESET JENIS: Ini adalah bentuk sederhana dari metering prabayar, yang terdiri dari meter dan switch. Pada setiap kunjungan pembaca meteran dihapus koin dan tersandung saklar meter. Konsumen kembali tertutup switch dengan memasukkan jumlah yang diperlukan koin.
RATE METER TARIF FLAT: Dalam satu bentuk atau lainnya, jenis ini meter terdiri mayoritas meter listrik prabayar di Inggris selama beberapa dekade sampai penggantinya dengan rekan elektronik token nya pada 1980-an. Bahkan saat ini mereka digunakan oleh pemiliknya sebagai metering sekunder.
Selain variasi di atas beberapa meter lainnya prabayar yang digunakan di berbagai belahan dunia untuk listrik pada titik-titik waktu yang berbeda yang semuanya memberi jalan ke meter prabayar elektronik.
Ada sejumlah alasan mengapa utilitas bisa mempertimbangkan memasang sistem metering prabayar. Mereka termasuk aliran kas yang lebih baik, tidak perlu account posting atau sistem penagihan tambahan (tabungan 1-2%), penghapusan utang buruk (rata-rata 5-12%, sampai dengan 40% di beberapa negara berkembang), penghapusan pemutusan dan rekoneksi biaya, kemudahan instalasi, tidak perlu mengakses properti konsumen (khususnya untuk instalasi meteran split) dan penghapusan pembacaan meter tidak akurat.
Ada juga keuntungan kepada pelanggan, termasuk manajemen anggaran, kontrol penggunaan energi, tidak ada biaya untuk pemutusan / rekoneksi dan tidak menunggu rekoneksi, tidak ada deposito.
Energi meter prabayar menggunakan sistem berbasis keypad, sistem kartu sekali pakai (satu arah) dan dua arah sistem smart card digunakan di berbagai belahan dunia selama lebih dari satu dekade.
1. Keypad dioperasikan Meter Prabayar:
Energi meter prabayar elektronik datang awalnya dengan tombol untuk memasukkan sistem kredit. Keamanan sistem keypad pembayaran sangat rendah. Alasan utama adalah bahwa algoritma penciptaan kunci disimpan di dalam meter dan tersedia untuk hacker. Sistem keypad diciptakan ketika sangat aman pembayaran kartu pintar tidak ada.
Meskipun sistem keypad semakin usang, masih mungkin biaya-efektif untuk desa-desa terpencil, di mana dua arah penjual mungkin tidak layak.
2. Smart Card dioperasikan Meter Prabayar:
Dengan sistem Smart Card dioperasikan, pelanggan membeli kartu debit listrik dapat digunakan kembali untuk jumlah energi yang mereka inginkan. Ini khusus, mudah untuk menggunakan kartu yang individual, disesuaikan dengan meteran setiap pelanggan dan nomor rekening. Pelanggan hanya melewati kartu beberapa inci di depan meter, dan menggunakan pembaca kartu yang terintegrasi, meter reset ke nomor kilowatt-jam yang terdapat pada kartu. Sistem ini bekerja sangat banyak seperti kartu debit bank. Karena meter benar-benar disegel dan tidak memiliki bagian yang bergerak, pemeliharaan berkurang dan kehandalan ditingkatkan. Meter Kartu Pintar modern dioperasikan adalah "berdiri sendiri", tidak memerlukan tombol dalam-rumah yang terpisah atau pemrograman tamu. Kartu menangkap transaksi dan informasi penggunaan daya, mengirim masukan otomatis ke dalam sistem akuntansi utilitas di terminal penjualan setiap kali pelanggan membeli daya tambahan. Kartu ini juga menangkap data penting untuk peramalan beban.
Meter jenis kartu prabayar sekali pakai juga digunakan di utilitas tertentu. Infrastruktur penjual untuk skema ini jauh lebih sederhana, tetapi tidak menawarkan keuntungan dari menangkap data penggunaan pelanggan.
Meter smart card dioperasikan dapat digunakan baik sebagai prabayar atau pasca bayar. Di beberapa negara, pilihan prabayar secara sosial tidak dapat diterima. Dalam kasus tersebut, setiap konsumen diberikan kredit 50-hari. Setelah setiap bulan, konsumen harus mengisi ulang kartu untuk melunasi saldo negatif nya. Setelah pembayaran penuh, 50-hari kreditnya dipulihkan. Kredit dapat berdasarkan waktu atau jumlah berbasis. Pilihan campuran seperti 50-hari tetapi tidak lebih dari kWh tertentu juga mungkin.
3. Meter prabayar menggunakan dua arah jaringan tetap AMR
Untuk meter diinstal dengan real-time dua arah fasilitas komunikasi, data transaksi disimpan pada komputer pusat dan berwenang dengan cara yang sama seperti untuk terminal kartu kredit. Berikut keamanan tidak berisiko sebagai informasi kredit yang disimpan pada komputer pusat. Namun biaya pelaksanaan AMR (Automated Meter Reading) skema harus dibenarkan atas manfaat lain selain untuk keuntungan pembayaran di muka.
Smart Card Dioperasikan Meter Prabayar adalah pemimpin yang muncul dalam segmen ini karena alasan berikut:
Deteksi pemalsuan: Meskipun keamanan meter smart card sangat tinggi, secara teoritis mungkin untuk melepaskan kartu apapun, saat ini satu-satunya perbedaan. Dibutuhkan lebih dari satu juta jam untuk memecahkan membuka kunci basis DES264 acak-algoritma yang digunakan dalam kartu cerdas yang paling (Jenis keamanan yang sama digunakan untuk kartu kredit, dompet elektronik dan ponsel GSM). Selain itu, upaya tersebut dapat dengan mudah terdeteksi oleh utilitas. Setiap kartu diberi nomor sendiri. Pusat database berisi informasi dari semua angka yang dikeluarkan. Ketika jumlah kartu yang digunakan adalah cocok dengan database pusat kartu yang diterbitkan, utilitas akan segera menerima laporan pada kartu tidak sah dan kartu dengan saldo dikembalikan. Karena meter ID diketahui utilitas, dapat mendeteksi dan menuntut mereka yang menggunakan kartu palsu.
Tidak mungkin untuk menggunakan kartu palsu dan tidak akan tertangkap setelah bacaan pertama dari meter tanpa hanya secara fisik melanggar meter. Kunci dapat diberikan terhadap gangguan pembaca kartu terhadap koin dan penyisipan kertas.
Meningkatkan kemampuan: kartu Smart meter dioperasikan menggunakan kartu protokol komunikasi yang transparan yang memungkinkan dengan mudah meningkatkan keamanan dari kartu, atau bahkan beralih ke kartu yang berbeda.
Resistensi terhadap lingkungan agresif: Dalam lingkungan yang sangat pembaca tinggi kelembaban atau sangat berdebu kontak-jenis kartu dapat kehilangan kehandalan mereka. Dalam kondisi seperti itu, kartu jenis kontak-kurang isi ulang dapat digunakan. Kontak-kurang kartu dibaca oleh meteran melalui sampulnya.
Keandalan: pembaca kartu dapat melakukan sampai 300.000 siklus baca-tulis. Bahkan jika kartu dikenakan biaya setiap minggu, dalam 30 tahun, operasi meteran memerlukan kurang dari 1.600 siklus. Dengan casing eksternal, isolasi fisik dan listrik, pembaca smart card sangat handal dan tahan lama.
Transfer data: kartu isi ulang dapat digunakan untuk mentransfer data antara kantor pusat meter dan. Informasi tentang konsumsi energi yang disimpan pada kartu tersebut dan ditransfer ke kantor pusat selama mengisi ulang. Kartu sangat handal, dengan waktu penyimpanan 10 tahun. Kelemahan dari kartu isi ulang adalah suatu keharusan untuk menginstal sejumlah besar terminal mengisi ulang sehingga pelanggan dengan mudah dapat mengaksesnya.
Implementasi Sistem Metering Prabayar
Sebuah sistem prabayar menggantikan metering sistem penagihan, pembacaan meter dan administrasi pengumpulan pendapatan. Menerapkan sistem seperti berarti perubahan pola pikir, perubahan dalam cara pengumpulan pendapatan dikelola, perubahan TI prosedur, perubahan layanan pelanggan, perubahan metering dan perubahan perilaku konsumen. Semua pihak perlu membeli untuk sistem dan memahami manfaat.
Hal ini juga diperlukan untuk merencanakan pelaksanaan proyek di muka. Program rinci, jadwal, termasuk alokasi sumber daya, distribusi tanggung jawab dan pengaturan tonggak realistis, sangat penting untuk keberhasilan.
Pemasaran & Pelatihan: Sebagian besar konsumen melihat sesuatu yang baru dengan kecurigaan, terutama jika mereka tidak diberi pilihan. Tugas departemen pemasaran adalah untuk menyusun sebuah paket yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Sebuah sistem metering prabayar baru tidak hanya kepada konsumen tetapi juga untuk semua staf utilitas dan pelatihan internal yang komprehensif adalah penting.
Poin penting untuk dipertimbangkan dalam konteks ini adalah:
Instalasi tim harus dilatih tidak hanya pada instalasi meteran tetapi juga pada pelatihan pelanggan untuk mengoperasikan dan memelihara meter.
Pelatihan staf layanan pelanggan untuk mengoperasikan Help Desk, penyelesaian pendaftaran konsumen baru dll
Pelatihan vendor, sehingga mereka dapat memberikan pelanggan pelayanan yang baik dan menciptakan gambar utilitas keinginan untuk menggambarkan.
Pelatihan manajer SMS, supervisor dan operator.
Keberhasilan sistem apapun bergantung pada penerimaan dari semua pemain dalam utilitas serta pada penerimaan konsumen. Pelatihan dan pendidikan akan membantu dalam mengkomunikasikan manfaat kepada semua anggota staf.
Manajemen Pemeliharaan: Sebelum sistem telah diinstal, prosedur harus di tempat pada bagaimana mengelola dari sudut pandang pemeliharaan. Isu-isu berikut harus dipertimbangkan:
Apa yang terjadi jika konsumen mengklaim telah kehilangan token? Ini lebih masalah ketika menggunakan kartu SMART dari token dibuang. Semua token dapat diterbitkan kembali tanpa risiko keamanan, namun jelas ada biaya yang terlibat. Apa biaya yang, dan yang beruang itu, perlu diputuskan sebelum memulai proyek.
Apa prosedur akan diikuti jika meter gagal? Terlepas dari penggantian sebenarnya meter, utilitas harus memutuskan apakah memasok sejumlah kredit dengan penggantian meter, dan apakah kredit ini dibebankan untuk. Seorang konsumen di Afrika Selatan digunakan untuk mengeluh secara teratur bahwa meter-nya tidak bekerja, dan tim pemeliharaan secara teratur diganti meteran tanpa mengujinya. Hasilnya adalah biaya pemeliharaan tinggi untuk utilitas dan konsumen yang menikmati manfaat kredit reguler gratis.
Apa prosedur akan dilakukan jika sistem penjual gagal? Jika stasiun penjual terletak berjauhan, stasiun back-up penjual harus tersedia.
Apa prosedur akan digunakan untuk cadangan dan data arsip? Rumah tangga yang baik diperlukan untuk database apapun.
Apa prosedur akan digunakan untuk menghindari risiko meter yang dilewati? (Sulit untuk penipuan meter solid state dengan cara lain). Kontrol harus dibentuk mengenai penyegelan meter. Misalnya, akan segel diberi nomor dan nomor dicatat? Apakah staf instalasi harus menandatangani untuk segel?
Apa kontrol dan prosedur yang diperlukan untuk pengumpulan pendapatan dari vendor dan transfer data antara SMS dan stasiun penjual?
Apa kriteria seleksi untuk vendor internal dan eksternal?
Keberhasilan instalasi metering prabayar baru tergantung ke tingkat yang sangat besar pada ketelitian dari tahap pra-perencanaan. Ini termasuk mencari penerimaan dari konsumen dan staf utilitas, dan menempatkan di tempat prosedur yang diperlukan untuk kelancaran implementasi.
Pendidikan pelanggan: Dengan meter prabayar konsumen berada dalam kendali anggaran listrik mereka, mereka memutuskan sendiri seberapa sering mereka ingin membeli listrik dan apa nilai. Pendidikan pelanggan mengasumsikan prioritas utama bagi keberhasilan skema. Poin untuk dipertimbangkan di sini adalah:
Konsumen harus tahu bagaimana dan di mana untuk membeli kredit.
Konsumen harus bisa masuk kredit berhasil menjadi meter.
Konsumen harus mampu membaca meter sehingga mereka tahu kapan mereka harus membeli kembali kredit.
Konsumen harus tahu berapa banyak kredit yang mereka telah tersedia setiap saat.
Konsumen harus tahu bagaimana untuk membersihkan meter.
Konsumen harus tahu apa yang harus lakukan atau siapa yang harus dihubungi jika mereka mengalami masalah dengan meter.
Aspek positif dari sistem harus terus diperkuat. Adalah penting bahwa konsumen melihat pembayaran di muka sebagai manfaat bukan berarti hukuman.
Brosur harus tersedia di setiap situs penjual. Vendor harus dilatih baik dalam penggunaan peralatan penjual dan penggunaan meter dan manfaat dari sistem, sehingga mereka mampu mempromosikannya.
Sebuah televisi dan video harus dibentuk di lokasi penjual jika mungkin. Sejumlah produsen meteran prabayar menyediakan pemasaran dan video pelatihan yang dapat digunakan untuk menunjukkan konsumen bagaimana menggunakan sistem dan apa manfaat. Sebuah line membantu harus dibentuk yang pelanggan dapat menggunakan jika mereka tidak jelas tentang masalah apapun.
Peraturan dan Etika Isu yang terkait dengan Meter prabayar
Gangguan layanan otomatis selalu menjadi bagian integral dari layanan listrik prabayar. Tapi selama bertahun-tahun listrik layanan datang dianggap sebagai hak lebih dari hak istimewa dalam setiap masyarakat dan karenanya regulator dan pembuat hukum telah menemukan sulit untuk menerima fitur pemutusan otomatis dari meter prabayar.
Di Amerika Serikat, aturan peraturan berevolusi untuk melindungi pelanggan utilitas milik investor dari gangguan layanan. Sebelum mengakhiri layanan untuk pelanggan yang pembayaran sangat terlambat, utilitas harus mengejar array langkah-langkah untuk mengamankan pembayaran. Layanan listrik prabayar dengan pemutusan otomatis saat pembayaran di muka habis tidak sesuai dengan upaya perlindungan, dan sebagai hasilnya hanya beberapa ribu pelanggan sedang dilayani melalui metering prabayar di AS, kebanyakan di kota utilitas dan kooperatif. Mana seperti di Inggris ada lebih dari 3 juta meter listrik prabayar yang digunakan saat ini. Eskom telah memasang sekitar 2,6 juta meter prabayar jenis key pad di Afrika Selatan selama 10 tahun terakhir.
Ada kekhawatiran yang meluas tentang meningkatnya penggunaan pra-bayar air dan meter listrik oleh perusahaan swasta dan pemerintah. Para meter yang dianggap efisien dan biaya-efektif untuk perusahaan, yang tidak mengalami kehilangan pendapatan karena pengguna dipotong ketika mereka menggunakan semua kredit yang telah mereka bayar. Namun dampak kesehatan masyarakat dari meter prabayar, meter air khususnya prabayar dapat menghancurkan.
Di beberapa negara ada protes terhadap penggunaan meter prabayar. Pra-bayar meter air dinyatakan ilegal di Inggris (Inggris) di bawah Undang-Undang Air Inggris tahun 1998 setelah air cut-off terkait dengan meningkatnya kasus disentri dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kekurangan air bersih. Menjadi efisien pada salah satu ujungnya hanya mengarah ke backlog biaya di ujung lain ketika orang-orang yang tidak mampu mendapatkan air bersih sakit dari minum air kotor dan kemudian mencari layanan di klinik kesehatan masyarakat.
Di negara berkembang, isu-isu etis dalam penggunaan meter listrik prabayar tidak harus diperlakukan sebagai ketidakadilan kepada masyarakat pada tahap awal pengembangan. Namun, hati-hati dapat dilakukan saat memilih daerah untuk penyebaran meter prabayar.
Metering Prabayar dalam bentuk yang paling sederhana mengacu untuk membayar listrik, gas atau air sebelum digunakan. Konsumen pembelian kredit dan kemudian menggunakan sumber daya sampai kredit berakhir. Konsep metering prabayar tidak baru, yang pertama kali diperkenalkan dalam bentuk gas meter koin dioperasikan di Inggris jauh sebelum Perang Dunia II. Perubahan besar terjadi pada tahun 1980 ketika transfer elektronik atau numerik kredit diperkenalkan.
Sebuah sistem metering prabayar elektronik tradisional beroperasi pada tiga tingkatan. Pertama adalah meter yang terpasang di rumah konsumen. Tingkat berikutnya adalah stasiun penjual, terletak di kantor utilitas atau di agen yang ditunjuk. Komunikasi antara stasiun penjual dan meter dalam bentuk token, yang digunakan untuk top up kredit dalam meter. Token juga transfer atau download informasi ke meter, dan dalam beberapa kasus meng-upload informasi (tergantung pada pilihan token) kembali ke stasiun penjual. Di tingkat atas adalah Master Station Sistem (SMS) atau klien master, yang diperlukan untuk memastikan database umum untuk pelaporan dan untuk menyediakan total manajemen, administrasi, keuangan dan kontrol rekayasa. SMS berkomunikasi dengan berbagai stasiun penjual melalui modem atau data link. Informasi pada konsumen, perubahan tarif dan seterusnya dikomunikasikan ke stasiun penjual dan penjualan pelanggan rinci dikomunikasikan kembali ke SMS.
Ini akan menarik untuk melihat bagaimana prabayar telah dikembangkan selama 70 tahun terakhir dari meteran primitif koin dioperasikan untuk token berbasis sistem dan sistem smart card saat ini dioperasikan.
BIAYA TETAP COLLECTOR - TANGAN-RESET JENIS: Ini adalah bentuk sederhana dari metering prabayar, yang terdiri dari meter dan switch. Pada setiap kunjungan pembaca meteran dihapus koin dan tersandung saklar meter. Konsumen kembali tertutup switch dengan memasukkan jumlah yang diperlukan koin.
RATE METER TARIF FLAT: Dalam satu bentuk atau lainnya, jenis ini meter terdiri mayoritas meter listrik prabayar di Inggris selama beberapa dekade sampai penggantinya dengan rekan elektronik token nya pada 1980-an. Bahkan saat ini mereka digunakan oleh pemiliknya sebagai metering sekunder.
Selain variasi di atas beberapa meter lainnya prabayar yang digunakan di berbagai belahan dunia untuk listrik pada titik-titik waktu yang berbeda yang semuanya memberi jalan ke meter prabayar elektronik.
Ada sejumlah alasan mengapa utilitas bisa mempertimbangkan memasang sistem metering prabayar. Mereka termasuk aliran kas yang lebih baik, tidak perlu account posting atau sistem penagihan tambahan (tabungan 1-2%), penghapusan utang buruk (rata-rata 5-12%, sampai dengan 40% di beberapa negara berkembang), penghapusan pemutusan dan rekoneksi biaya, kemudahan instalasi, tidak perlu mengakses properti konsumen (khususnya untuk instalasi meteran split) dan penghapusan pembacaan meter tidak akurat.
Ada juga keuntungan kepada pelanggan, termasuk manajemen anggaran, kontrol penggunaan energi, tidak ada biaya untuk pemutusan / rekoneksi dan tidak menunggu rekoneksi, tidak ada deposito.
Energi meter prabayar menggunakan sistem berbasis keypad, sistem kartu sekali pakai (satu arah) dan dua arah sistem smart card digunakan di berbagai belahan dunia selama lebih dari satu dekade.
1. Keypad dioperasikan Meter Prabayar:
Energi meter prabayar elektronik datang awalnya dengan tombol untuk memasukkan sistem kredit. Keamanan sistem keypad pembayaran sangat rendah. Alasan utama adalah bahwa algoritma penciptaan kunci disimpan di dalam meter dan tersedia untuk hacker. Sistem keypad diciptakan ketika sangat aman pembayaran kartu pintar tidak ada.
Meskipun sistem keypad semakin usang, masih mungkin biaya-efektif untuk desa-desa terpencil, di mana dua arah penjual mungkin tidak layak.
2. Smart Card dioperasikan Meter Prabayar:
Dengan sistem Smart Card dioperasikan, pelanggan membeli kartu debit listrik dapat digunakan kembali untuk jumlah energi yang mereka inginkan. Ini khusus, mudah untuk menggunakan kartu yang individual, disesuaikan dengan meteran setiap pelanggan dan nomor rekening. Pelanggan hanya melewati kartu beberapa inci di depan meter, dan menggunakan pembaca kartu yang terintegrasi, meter reset ke nomor kilowatt-jam yang terdapat pada kartu. Sistem ini bekerja sangat banyak seperti kartu debit bank. Karena meter benar-benar disegel dan tidak memiliki bagian yang bergerak, pemeliharaan berkurang dan kehandalan ditingkatkan. Meter Kartu Pintar modern dioperasikan adalah "berdiri sendiri", tidak memerlukan tombol dalam-rumah yang terpisah atau pemrograman tamu. Kartu menangkap transaksi dan informasi penggunaan daya, mengirim masukan otomatis ke dalam sistem akuntansi utilitas di terminal penjualan setiap kali pelanggan membeli daya tambahan. Kartu ini juga menangkap data penting untuk peramalan beban.
Meter jenis kartu prabayar sekali pakai juga digunakan di utilitas tertentu. Infrastruktur penjual untuk skema ini jauh lebih sederhana, tetapi tidak menawarkan keuntungan dari menangkap data penggunaan pelanggan.
Meter smart card dioperasikan dapat digunakan baik sebagai prabayar atau pasca bayar. Di beberapa negara, pilihan prabayar secara sosial tidak dapat diterima. Dalam kasus tersebut, setiap konsumen diberikan kredit 50-hari. Setelah setiap bulan, konsumen harus mengisi ulang kartu untuk melunasi saldo negatif nya. Setelah pembayaran penuh, 50-hari kreditnya dipulihkan. Kredit dapat berdasarkan waktu atau jumlah berbasis. Pilihan campuran seperti 50-hari tetapi tidak lebih dari kWh tertentu juga mungkin.
3. Meter prabayar menggunakan dua arah jaringan tetap AMR
Untuk meter diinstal dengan real-time dua arah fasilitas komunikasi, data transaksi disimpan pada komputer pusat dan berwenang dengan cara yang sama seperti untuk terminal kartu kredit. Berikut keamanan tidak berisiko sebagai informasi kredit yang disimpan pada komputer pusat. Namun biaya pelaksanaan AMR (Automated Meter Reading) skema harus dibenarkan atas manfaat lain selain untuk keuntungan pembayaran di muka.
Smart Card Dioperasikan Meter Prabayar adalah pemimpin yang muncul dalam segmen ini karena alasan berikut:
Deteksi pemalsuan: Meskipun keamanan meter smart card sangat tinggi, secara teoritis mungkin untuk melepaskan kartu apapun, saat ini satu-satunya perbedaan. Dibutuhkan lebih dari satu juta jam untuk memecahkan membuka kunci basis DES264 acak-algoritma yang digunakan dalam kartu cerdas yang paling (Jenis keamanan yang sama digunakan untuk kartu kredit, dompet elektronik dan ponsel GSM). Selain itu, upaya tersebut dapat dengan mudah terdeteksi oleh utilitas. Setiap kartu diberi nomor sendiri. Pusat database berisi informasi dari semua angka yang dikeluarkan. Ketika jumlah kartu yang digunakan adalah cocok dengan database pusat kartu yang diterbitkan, utilitas akan segera menerima laporan pada kartu tidak sah dan kartu dengan saldo dikembalikan. Karena meter ID diketahui utilitas, dapat mendeteksi dan menuntut mereka yang menggunakan kartu palsu.
Tidak mungkin untuk menggunakan kartu palsu dan tidak akan tertangkap setelah bacaan pertama dari meter tanpa hanya secara fisik melanggar meter. Kunci dapat diberikan terhadap gangguan pembaca kartu terhadap koin dan penyisipan kertas.
Meningkatkan kemampuan: kartu Smart meter dioperasikan menggunakan kartu protokol komunikasi yang transparan yang memungkinkan dengan mudah meningkatkan keamanan dari kartu, atau bahkan beralih ke kartu yang berbeda.
Resistensi terhadap lingkungan agresif: Dalam lingkungan yang sangat pembaca tinggi kelembaban atau sangat berdebu kontak-jenis kartu dapat kehilangan kehandalan mereka. Dalam kondisi seperti itu, kartu jenis kontak-kurang isi ulang dapat digunakan. Kontak-kurang kartu dibaca oleh meteran melalui sampulnya.
Keandalan: pembaca kartu dapat melakukan sampai 300.000 siklus baca-tulis. Bahkan jika kartu dikenakan biaya setiap minggu, dalam 30 tahun, operasi meteran memerlukan kurang dari 1.600 siklus. Dengan casing eksternal, isolasi fisik dan listrik, pembaca smart card sangat handal dan tahan lama.
Transfer data: kartu isi ulang dapat digunakan untuk mentransfer data antara kantor pusat meter dan. Informasi tentang konsumsi energi yang disimpan pada kartu tersebut dan ditransfer ke kantor pusat selama mengisi ulang. Kartu sangat handal, dengan waktu penyimpanan 10 tahun. Kelemahan dari kartu isi ulang adalah suatu keharusan untuk menginstal sejumlah besar terminal mengisi ulang sehingga pelanggan dengan mudah dapat mengaksesnya.
Implementasi Sistem Metering Prabayar
Sebuah sistem prabayar menggantikan metering sistem penagihan, pembacaan meter dan administrasi pengumpulan pendapatan. Menerapkan sistem seperti berarti perubahan pola pikir, perubahan dalam cara pengumpulan pendapatan dikelola, perubahan TI prosedur, perubahan layanan pelanggan, perubahan metering dan perubahan perilaku konsumen. Semua pihak perlu membeli untuk sistem dan memahami manfaat.
Hal ini juga diperlukan untuk merencanakan pelaksanaan proyek di muka. Program rinci, jadwal, termasuk alokasi sumber daya, distribusi tanggung jawab dan pengaturan tonggak realistis, sangat penting untuk keberhasilan.
Pemasaran & Pelatihan: Sebagian besar konsumen melihat sesuatu yang baru dengan kecurigaan, terutama jika mereka tidak diberi pilihan. Tugas departemen pemasaran adalah untuk menyusun sebuah paket yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Sebuah sistem metering prabayar baru tidak hanya kepada konsumen tetapi juga untuk semua staf utilitas dan pelatihan internal yang komprehensif adalah penting.
Poin penting untuk dipertimbangkan dalam konteks ini adalah:
Instalasi tim harus dilatih tidak hanya pada instalasi meteran tetapi juga pada pelatihan pelanggan untuk mengoperasikan dan memelihara meter.
Pelatihan staf layanan pelanggan untuk mengoperasikan Help Desk, penyelesaian pendaftaran konsumen baru dll
Pelatihan vendor, sehingga mereka dapat memberikan pelanggan pelayanan yang baik dan menciptakan gambar utilitas keinginan untuk menggambarkan.
Pelatihan manajer SMS, supervisor dan operator.
Keberhasilan sistem apapun bergantung pada penerimaan dari semua pemain dalam utilitas serta pada penerimaan konsumen. Pelatihan dan pendidikan akan membantu dalam mengkomunikasikan manfaat kepada semua anggota staf.
Manajemen Pemeliharaan: Sebelum sistem telah diinstal, prosedur harus di tempat pada bagaimana mengelola dari sudut pandang pemeliharaan. Isu-isu berikut harus dipertimbangkan:
Apa yang terjadi jika konsumen mengklaim telah kehilangan token? Ini lebih masalah ketika menggunakan kartu SMART dari token dibuang. Semua token dapat diterbitkan kembali tanpa risiko keamanan, namun jelas ada biaya yang terlibat. Apa biaya yang, dan yang beruang itu, perlu diputuskan sebelum memulai proyek.
Apa prosedur akan diikuti jika meter gagal? Terlepas dari penggantian sebenarnya meter, utilitas harus memutuskan apakah memasok sejumlah kredit dengan penggantian meter, dan apakah kredit ini dibebankan untuk. Seorang konsumen di Afrika Selatan digunakan untuk mengeluh secara teratur bahwa meter-nya tidak bekerja, dan tim pemeliharaan secara teratur diganti meteran tanpa mengujinya. Hasilnya adalah biaya pemeliharaan tinggi untuk utilitas dan konsumen yang menikmati manfaat kredit reguler gratis.
Apa prosedur akan dilakukan jika sistem penjual gagal? Jika stasiun penjual terletak berjauhan, stasiun back-up penjual harus tersedia.
Apa prosedur akan digunakan untuk cadangan dan data arsip? Rumah tangga yang baik diperlukan untuk database apapun.
Apa prosedur akan digunakan untuk menghindari risiko meter yang dilewati? (Sulit untuk penipuan meter solid state dengan cara lain). Kontrol harus dibentuk mengenai penyegelan meter. Misalnya, akan segel diberi nomor dan nomor dicatat? Apakah staf instalasi harus menandatangani untuk segel?
Apa kontrol dan prosedur yang diperlukan untuk pengumpulan pendapatan dari vendor dan transfer data antara SMS dan stasiun penjual?
Apa kriteria seleksi untuk vendor internal dan eksternal?
Keberhasilan instalasi metering prabayar baru tergantung ke tingkat yang sangat besar pada ketelitian dari tahap pra-perencanaan. Ini termasuk mencari penerimaan dari konsumen dan staf utilitas, dan menempatkan di tempat prosedur yang diperlukan untuk kelancaran implementasi.
Pendidikan pelanggan: Dengan meter prabayar konsumen berada dalam kendali anggaran listrik mereka, mereka memutuskan sendiri seberapa sering mereka ingin membeli listrik dan apa nilai. Pendidikan pelanggan mengasumsikan prioritas utama bagi keberhasilan skema. Poin untuk dipertimbangkan di sini adalah:
Konsumen harus tahu bagaimana dan di mana untuk membeli kredit.
Konsumen harus bisa masuk kredit berhasil menjadi meter.
Konsumen harus mampu membaca meter sehingga mereka tahu kapan mereka harus membeli kembali kredit.
Konsumen harus tahu berapa banyak kredit yang mereka telah tersedia setiap saat.
Konsumen harus tahu bagaimana untuk membersihkan meter.
Konsumen harus tahu apa yang harus lakukan atau siapa yang harus dihubungi jika mereka mengalami masalah dengan meter.
Aspek positif dari sistem harus terus diperkuat. Adalah penting bahwa konsumen melihat pembayaran di muka sebagai manfaat bukan berarti hukuman.
Brosur harus tersedia di setiap situs penjual. Vendor harus dilatih baik dalam penggunaan peralatan penjual dan penggunaan meter dan manfaat dari sistem, sehingga mereka mampu mempromosikannya.
Sebuah televisi dan video harus dibentuk di lokasi penjual jika mungkin. Sejumlah produsen meteran prabayar menyediakan pemasaran dan video pelatihan yang dapat digunakan untuk menunjukkan konsumen bagaimana menggunakan sistem dan apa manfaat. Sebuah line membantu harus dibentuk yang pelanggan dapat menggunakan jika mereka tidak jelas tentang masalah apapun.
Peraturan dan Etika Isu yang terkait dengan Meter prabayar
Gangguan layanan otomatis selalu menjadi bagian integral dari layanan listrik prabayar. Tapi selama bertahun-tahun listrik layanan datang dianggap sebagai hak lebih dari hak istimewa dalam setiap masyarakat dan karenanya regulator dan pembuat hukum telah menemukan sulit untuk menerima fitur pemutusan otomatis dari meter prabayar.
Di Amerika Serikat, aturan peraturan berevolusi untuk melindungi pelanggan utilitas milik investor dari gangguan layanan. Sebelum mengakhiri layanan untuk pelanggan yang pembayaran sangat terlambat, utilitas harus mengejar array langkah-langkah untuk mengamankan pembayaran. Layanan listrik prabayar dengan pemutusan otomatis saat pembayaran di muka habis tidak sesuai dengan upaya perlindungan, dan sebagai hasilnya hanya beberapa ribu pelanggan sedang dilayani melalui metering prabayar di AS, kebanyakan di kota utilitas dan kooperatif. Mana seperti di Inggris ada lebih dari 3 juta meter listrik prabayar yang digunakan saat ini. Eskom telah memasang sekitar 2,6 juta meter prabayar jenis key pad di Afrika Selatan selama 10 tahun terakhir.
Ada kekhawatiran yang meluas tentang meningkatnya penggunaan pra-bayar air dan meter listrik oleh perusahaan swasta dan pemerintah. Para meter yang dianggap efisien dan biaya-efektif untuk perusahaan, yang tidak mengalami kehilangan pendapatan karena pengguna dipotong ketika mereka menggunakan semua kredit yang telah mereka bayar. Namun dampak kesehatan masyarakat dari meter prabayar, meter air khususnya prabayar dapat menghancurkan.
Di beberapa negara ada protes terhadap penggunaan meter prabayar. Pra-bayar meter air dinyatakan ilegal di Inggris (Inggris) di bawah Undang-Undang Air Inggris tahun 1998 setelah air cut-off terkait dengan meningkatnya kasus disentri dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan kekurangan air bersih. Menjadi efisien pada salah satu ujungnya hanya mengarah ke backlog biaya di ujung lain ketika orang-orang yang tidak mampu mendapatkan air bersih sakit dari minum air kotor dan kemudian mencari layanan di klinik kesehatan masyarakat.
Di negara berkembang, isu-isu etis dalam penggunaan meter listrik prabayar tidak harus diperlakukan sebagai ketidakadilan kepada masyarakat pada tahap awal pengembangan. Namun, hati-hati dapat dilakukan saat memilih daerah untuk penyebaran meter prabayar.